Menjalin Hubungan Offline itu Penting

Selepas pulang shalat Dzuhur aku dapet dorongan, ya dorongan dari dalam dan teringat chatting barusan “lha kita ketemu itu semester 2, lha ini semesta 6 Dika.” Iya juga ya? Terlalu asik dengan dunia sendiri, terkadang sampe lupa mesti silaturahim. Astagfirullah.

Bukan aku kalau gak menjelaskan alasan dari segi keilmuan ku hahaha. Gini, komunikasi online tetep gak bisa menggantikan komunikasi offline. Karena faktanya komunikasi dipengaruhi 55% dari gesture(Bahasa tubuh, ekpresi), 38% dari Intonasi dan 7% dari kata kata.

Bakalan tetep beda walau sering chatting, tapi jarang silaturahim. Kerennya nih, sebaper bapernya chattingan bakalan beda kalau ketemu. Haha.

Ya, wajar juga masing masing punya kesibukan. Maksud ku, ketika bertemu ada pertukaran emosi di sana. Jadi kemungkinan kita berasumsi “ah datang pas butuhnya doang” bisa jadi sirna.

Aku setuju sekali dengan pemikiran Hermawan Kartajaya, “Virtuality tidak bisa menggantikan Reality”. Nendang banget bro! Vibrasinya tetep beda.

Emang gak semua temen kita sempet untuk bertemu dan ngobrol. Aku pun bisa jadi begitu ke temen ku. Aku coba menganalisa, kayaknya dari semua temen ku hanya 20% yang benar benar sering berinteraksi.

3% dari 20% diantaranya deket, jadi suka curhat juga wkwk. 20% itu yang menemani dan mewarnai kehidupan.

Beda dengan sisanya yang 80% (kuantitasnya) mungkin sekedar menghasilkan 20% cerita dalam kehidupan kita. #hukumpareto

Kalau udah deket itu biasanya tabungan emosinya tinggi. Kadang hal yang ke orang lain bisa sakit hati, ke temen yang 3% ini gak. Wkwk.

Persentase bukanlah masalah, pertemanan tetep mesti terjalin. Bahkan beda paham sekalipun tetep menjalin silaturahim. Hmm.

Bener kata temenku, Saeful “temen lu berapa sih, sampe ngelupain  temen lama. Mungkin ada yang namanya mantan temen” waduhh. Dia adalah mantan aktivis BEM, yang udah ketemu banyak orang.

Beliau adalah temen dekat ku. Ya, udah lama juga kita kenal. Sejak SMP malahan. Tapi karena komunikasi offline kami terjaga. Ada ketemu, duduk dan ngobrolnya. Ya, fine fine aja. Justru malahan kita kolaborasi. Karena udah saling percaya.

Aku juga instropeksi diri, seberapa banyak teman yang sering ku temui dan datangi. Karena sebenernya gak ada tuh asumsi “datang pas butuhnya doang” kalau udah sering ketemu.

Kenapa kita kadang suka miskomunikasi? Karena jarang ketemu, gak tau kondisi yang sebenernya. Kalau dunia realitanya dia lagi kenapa kenapa kan kita tau dan ngerti. Iya gak?

Dulu mungkin aku menyampaikan apa adanya. Misal lagi dimana dan ngapain ke setiap orang yang chat kepada ku. Tapi aku rasa, terlalu berlebihan, ada kalanya kita mengerti, ada pula ingin dimengerti. Hahaha.

Oke deh. Aku mau makan mie ayam dulu nih. Selagi masih bisa makan siang di bulan sya’ban. Haha. Besok udah puasa deh.

Aku berdoa mudah mudahan kita bisa bersilaturahim, berbincang, bertukar pikiran, kalau bisa bertukar rasa. Rasa damai, bahagia, yeah! Dan mengampuni kita yang belum sempat bersilaturahim.

Selamat menjeda diri, tetap berinteraksi, agar cinta terus meliputi.


Parungpanjang,
Dwi Andika Pratama
Lagi berupaya mencukupi rezeki diri sendiri, orangtua dan untuk keluarga masa depan.

Komentar