Pesantren Kilat

Aku masih ingat ketika masa masa sanlat saat SD, MTs, dan MAN. Ya, selepas aku SD, aku melanjutkan ke sekolah Islam, Tsanawiyah dan Aliyah. Tapi tepat sepuluh tahun lalu aku lulus dari SDN Perumnas BP.

Masih inget kalau pulang sekolah pas bulan puasa itu sampe rumah, mandi, walau saat itu jam dua. Gokilnyaaaaa. Mandinya itu ngerendem di dalam bak. Wkwkwk. Mungkin sekarang bak-nya udah kalah sama badan ku. :v

Terus kalau waktu masih MTs, kadang suka guyur kepala sama aer biar panasnya ilang. Dasar bocah ya? Ada ada aja. Haha.

Hari ini aku mendapatkan tawaran untuk menjadi ustadz sehari dalam pesantren kilat di SDN Perumnas II, karena bertepatan guru agama-nya adalah sahabatku, Ahyar.

Karena kuliah libur, ku iya-kan saja. Wkwk. Ya, selain ada kebanggaan bisa sharing di depan anak anak SD perum. Ya, ini pertama kalinya mengajar anak SD.

Segini kelas lima sd, apalagi babeh yang notabene guru PAI yang udah ngajar lebih dari 25 tahun. Tapi aku sendiri belom pernah liat babeh kalau ngajar. Wkwk. Tapi pernah di ajar ketika di MTs.

Setelah pembagian kelas, aku langsung masuk ke kelas. Dan mengucapkan salam.

“Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh”

“waalaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh” nada serempak udah kek peserta gerak jalan. mantap nan kompak. 

Karena sebelum aku masuk kelas, aku berserta 3 orang lainnya (1 orang lagi termasuk Ustadz Ahyar) diperkenalkan di depan anak kelas 4 & 5.

Yaudah aku sambung aja perkenalannya, sambil menyampaikan kalau aku pun alumni SD 10 tahun yang lalu. Gokil ya? Udah 10 tahun aja. Hahah.

Ada yang nyeletuk dari arah timurku…

“ini manggilnya pak atau kak dika?”

“kak dika aja. Soalnya kalau bapak itu konotasinya udah punya anak”

“itu bapak Ahyar dipanggilnya bapak, bukan kak”

“iya itu kan pak Ahyar yang ngajar di SD ini. Kalau kak dika kan gak”

Tiba tiba walikelas yang belom selesai absen, langsung menorehku dengan senyum.

“Hahaha. Anjir gue ngejokeeesss.” Dalem hati.


Karena materi belum dateng, yaudah aku coba improvisasi aja. Toh emang udah nyiapin materi. Salah satunya kisah Udin dan Adin yang berpuasa tapi di antara salah satunya berbohong tak mau mengaku kalau puasanya, adalah puasa bedug. Haha.

Ya, namanya juga anak anak, suka cerita. Makanya aku mencoba membawakan cerita. Karena tak lama kemudian Ahyar datang membawa materinya. Yaudah aku menyampaikan apa yang disampaikan oleh kepala sekolah.

Dan kepala sekolahnya juga guru ketika aku masih sekolah di SD tersebut. Terus ketemu walikelas ku dulu lagi. Haha. Udah kek reonian ajah.

Satu setengah jam lewat begitu ajah. Yaudah deh. Anak anak ngebet minta pulang aja. Karena diinformasikan pulang jam 10:00. Tapi jam 10:15 belum juga. Wkwk. Karena masuknya juga siang, 8:40. Haha.

Tapi aku mendapatkan satu kebahagiaan yang bermakna. ketika selesai materi. Dan aku mengumumkan untuk besoknya.

Mereka satu persatu salim. Haha. Berasa guru beneran ini. Di situ langsung timbul suara “oh ini… oh ini yang bikin guru itu bangga, bahagia, dan bermakna. Ya… ya…”

Mengajar bagi ku gak mudah. Lebih mudah menulis. Haha. Ya, karena aku belom terbiasa aja sih.
Nah, hampir aja ku lupa ceritakan. Wkwk. 

Sebelum masuk kelas itu kan aku sempat foto foto dulu. Ya, aku foto aja kantin dan koperasi yang pernah ku jadikan tempat pengaduan perut ketika lapar. Wkwk.



Tiba tiba memori itu terputar. Aku yang dipojokan sedang menikmati mie sakura yang ku beli seribu rupiah.

Dan kalau mau beli Aqua di koperasi, pasti selalu ada cinta monyet-nya aku. Huft. Mau beli Aqua aja malunya masyaaAllah. Haha.

Langsung aja aku kirim ke dia “nih udah 10 tahun. Masih inget gak lu?” hahaha. Eh berarti itu sama aja kita gak ketemu (lagi) selama 10 tahun. Padahal satu komplek perumahan. Anjirrrr. Hahaha.[]

Parungpanjang
Dwi Andika Pratama
Suka inget momen detail. Inget aja. Tapi gak pake rasanya. Wkwk.

Komentar