Self Leadership


Oke, Ramadan kali ini cukup menantang karena aku ikut lebih dari satu lomba. Ya, mungkin karena aku udah mencapai kesadaran kalau ikut lomba itu gak sekedar ngincer hadiahnya dan dari keahlian, minat ku (sesuai diriku).

Maksudnya gak mesti satu minat aja untuk ikut lomba, walau minat itu bener bener memboosting ide dan kecepatan menulis. Wkwk.

Seperti setahun yang lalu aku ikut lomba Acer x YouthManual Blog Competition. Sampe excited banget. Udah temanya aku banget juga hadiahnya nampol ke hati. Nyesss. Laptop acer broooo, sist. Haha.

Karena aku udah komitmen untuk menjadikan blogger sebagai profesi alias aku menjemput ilmu dan rezeki (duitttt). Wkwk. Maka suka duka aku mesti jalanin, karena itu udah satu paket.

Entah kenapa bulan ini ikut 4 lomba ngerasa seneng aja, walau nguras energi juga. Dulu, kalau udah ikut satu. Yaudah, tungguin aja. Sekarang mah gak. Kalau bisa ikut, ya ikut. Gimana caranya ikut, walau belum tentu minat aku.

Alhamdulillah satu udah dapet hasil, juara 3. Walaupun juara 1-3 hadiahnya sama semua haha. Tapi tetep bersyukur. Mayan dapet paket buku.

Justru itulah tantangannya, aku harus bisa mengemas tulisan dari minat tertentu dengan sudut pandang aku.

Yakni Penikmat Buku Pengembangan Diri dan Psikologi. Jangan heran aku banyak mengutip buku Self-Improvement dan sejenisnya. Karena aku udah baca buku dari 2013. Ya, jadi ada aja yang nyangkut. Haha.

Aku menyempatkan kembali untuk membuka buku You Are A Leader karya Arvan Pradiasnyah. Intinya Leadership itu ada di dalam diri kita sendiri, bukan orang lain. Karena kita ini udah dilahirkan sebagai pemimpin. Dannnn, salah satu sikap bad leader adalah menyalahkan.

Menyalahkan adalah sikap anak kecil. Kalau kita udah berumur lewat belasan tahun masih suka menyalahkan, berarti mental kita masih anak kecil. Arvan bilang, kedewasaan itu ukurannya Psikologis kita. Kalau umur, biologis kita.

Tiba tiba aku mendapatkan kesadaran. “ya, gak apapa, mungkin aku juga yang salah, bukan salah siapa siapa. Mungkin aku yang belom bisa menjadi pribadi menghibur dan menyenangkan”.

Dan aku bersyukur, diberikan pilihan yang sesuai keinginan ku. Wkwk. Yaudah, ini mah diniatin ajah dulu.

Ada tuh orang yang bilang “gue bersyukur, gue dijauhkan lu. Mungkin ini adalah tanda Allah sayang sama gue. Itu tandanya lu bukan yang terbaik buat gue”. Terus aku inget postingan Mas Pras “… jangan-jangan kamu yang tidak baik untuknya.”. Lha bener juga, di kalimat itu ada kerendahan hati. Haha.



Di banding kalimat pertama yang mengandung merasa paling baik dan merasa baik dari perbandingan orang lain. Iya gak?

Nah, Self Leadership itu kalau ada apapa langsung cari ke dalam bukan cari kambing hitam. Sungguh kesadaran dengan pengetahuan itu berbeda. Ini udah tahap kepada kesadaran. Makanya akan jauh lebih mudah bertindak.

Seperti halnya aku menyadari untuk mengikuti lomba apa pun tema atau jenis lombanya. Karena aku udah professional. Mesti bisa mengikuti apa yang diinginkan juri. Haha. Yang penting bisa menghidupi diri juga sih.

Parungpanjang,
Dwi Andika Pratama
Gak pake dulu deh ya, lagi kekenyangan. Wkwk.

Komentar