Inti dari Segala INTI


Lagi rame yak? Di youtube WAGU Waton Guyon, pak gundul yang suka bilang inti dari segala INTI. Jadi kepengen ikutan mendefinisikan.

Setelah 3 bulan blog ini gak diupdate akhirnya sekarang gue update lagi. Di luar ekspektasi yang awalnya tahun ini gue mau gencar nyari client, nyatanya gue ambil tawaran jadi head of digital marketing di ENS Indonesia.

Tapi itu juga jadi keputusan yang tepat dengan kondisi yang sekarang ini. Tapi bukan itu yang akan gue ceritakan.

sources: unsplash.com

Gue akan ceritakan Inti dari segala INTI itu tadi. Ya, dalam bekerja ada yang namanya value juga core.

Gue kepengen sharing core values yang gue anut sehingga bisa berkarier di ENS Indonesia, selain atas izin Allah juga ada ikhtiar yang mesti dilakukan.

Growth Mindset

Kalau dipikir pikir awalnya kita ini gak bisa apa-apa. Termasuk gue gak bisa nulis, terus akhirnya bisa nulis dan berkarier mulai dari nulis. Alhamdulillah.

Growth Mindset ini adalah pondasi seseorang dalam bekerja, khususnya kalau jadi tim gue. Karena kalau punya skill tapi gak growth mindset akan kepentok hal-hal sepele yang berujung nyerah.

Growth Mindset itu mau belajar, siap melampaui asumsi diri, yang awalnya berpikir gak bisa setelah belajar malah jadi bisa, gak kebayang deh sebelumnya.

Intinya growth mindset gak terpusat pada bakat, tapi kemampuan untuk berkembang dan bertumbuh.

Outstanding Mindset

Outstanding itu berpikir bagaimana caranya kinerja yang dihasilkan bisa melebihi ekspektasi perusahaan. Ada kepuasaan tersendiri ketika mampu outstanding. Lakukan deh.

Gue sendiri puas banget kalau bisa memberikan di atas ekspektasi dari target. Kepuasaan bekerja itu nyata kalau kita beneran kerja.

Dedicated Mindset

Tidak perhitungan, kebanyakan karyawan terlalu perhitungan makanya kalau kariernya stuck bisa jadi masih perhitungan. Gue pernah bilang ke tim "kalau kamu perhitungan, perusahaan akan mempertimbangkan."

Perasaan Dedicated itu hadir saat merasa perusahaan itu milik sendiri. Walaupun client tapi gue merasa ini perusahaan yang gue lagi bantu untuk tumbuh. Kalau Bahasa sekarang tuh GROWTH!

Learning Oriented

Tanpa disadari baca buku itu ngaruh banget terhadap kelangsungan karier gue. Kalau mau lebih cepat bisa menguasai sesuatu selain melakukan apa yang dipelajari, juga banyak baca buku.

Terus terang, baca buku menambah insight dalam hal yang kita sedang pelajari. Makin banyak opsi yang didapatkan.

Positive Attitude

Tidak mengeluh, tidak banyak komplain, tidak membangkang, mengikuti SOP adalah positive attitude. Karena itu dampaknya ke kinerja, kalau terlalu banyak ngeluh dan komplain malah pikiran dan perasaan gak bisa fokus bekerja.

Pikiran dan perasaan cuman bisa fokus satu, makanya kalau terlalu banyak mikir hal yang negative makanya kinerja jadi low bahkan bad. Hmm.

Apapun yang leader berikan itu sudah pasti yang terbaik. Terkadang gue aja gak kebayang maksud leader itu apa. Tapi gue lakukan, pas gue lakukan baru dapet insightnya. Asli, jauh juga berpikirnya.


5 inti ini bersemayam dalam diri gue. Kamu bisa ikuti dan anut kalau nyaman. Karena setiap diri masing masing berbeda. Tapi hal ini yang paling umum.

Anyway, ternyata tulisan ini adalah pertama di tahun 2019. Haha. So far, gak apapa yang penting gue sharing dan bercerita.


Komentar